Jumat, 01 Juli 2011

ANALISIS CONTOH DARI JENIS-JENIS PASAR


I.  Jenis-jenis Pasar berdasarkan Strukturnya
Jenis-jenis pasar berdasarkan Strukturnya dapat dibagi menjadi  2 antara lain :
1.     Pasar Persaingan Sempurna
2.     Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a.     Pasar Monopoli
b.    Pasar Oligopoli
c.     Pasar Persaingan Monopolistik

II. Analisis Contoh Pasar

1. Pasar Persaingan Sempurna

A. CONTOH : “Pasar untuk komoditi Beras”

B. ANALISIS :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah produk yang homogen, sejenis dan mirip yakni Beras yang mengakibatkan semua produk terlihat identik.
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Jumlah Penjual dan Pembeli dalam Pasar untuk komoditi Beras ini sangat banyak sehingga mereka hanya sebagai penerima harga (price taker).
* Analisis Kebijakan Harga
            Dalam Pasar untuk Komoditi Beras ini, harga terbentuk akibat mekanisme pasar yakni hasil interaksi antara permintaan dan penawaran akan Beras.
* Analisis Informasi
            Penjual dan Pembeli memiliki semua informasi yang relevan tentang harga beras, kualitas beras, sumber penawaran beras, dll.
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
          Setiap Penjual (Perusahaan) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan) Pasar.

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna


A. CONTOH : “PLN (Perusahaan Listrik negara) yang memonopoli Sumber Daya Listrik di Indonesia”
B. ANALISIS :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah satu jenis produk tanpa alternatif pilihan yakni sumber daya listrik.

* Analisis Penjual dan Pembeli
            Hanya terdapat 1 pihak penjual yakni Pemerintah melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan banyak pembeli, yakni masyarakat Indonesia.

* Analisis Kebijakan Harga
            Harga dan jumlah kuantitas Sumber Daya Listrik yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli yaitu PLN (Perusahaan Listrik Negara) sementara Konsumen ( Pembeli ) bersifat hanya menerima barga saja.

* Analisis Informasi
            PLN (Perusahaan Listrik Negara) (Penjual) dan Konsumen (Pembeli) mengetahui seluruh informasi dalam Pasar.  

* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
          Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang mengenai Sumber Daya Listrik ini yang hanya dikelola oleh pemerintah karena menguasai hajat hidup orang banyak disamping itu, sumber daya listrik sulit didapat

b. Pasar Persaingan Monopolistik

A. CONTOH : “Pasar Industri Otomotif (Mobil)”
B. ANALISIS :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang yang diproduksi antara lain sama-sama mobil tetapi masing-masing memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri. Misalnya, mobil Sedan Honda Accord dan Sedan Toyota Camry adalah sama-sama mobil tipe sedan tetapi kapasitas cylinder (cc) ataupun spesifikasinya berbeda.

* Analisis Penjual dan Pembeli
            Terdapat banyak Produsen (Penjual) dan Konsumen (Pembeli) dalam pasar otomotif (mobil). Banyak terdapat perusahaan Otomotif (Mobil) seperti Honda, BMW, Toyota, Proton, Mazda, Lexus, dll. dan pembeli yang banyak yang tersebar.

* Analisis Kebijakan Harga
            Produsen (Penjual) pada industri Otamotif (Mobil) hanya memiliki sedikit kemampuan untuk mengubah harga.
* Analisis Informasi
            Pihak Produsen (Penjual) mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar sementar pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai harga Mobil, kualitas Mobil, dll. 
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
            Setiap Penjual (Perusahaan) Otomotif (Mobil) dapat dengan bebas untuk masuk dan keluar (meninggalkan) Pasar.
c. Pasar Oligopoli

B. ANALISIS :
* Analisis Produk :
Produk yang diperjual-belikan adalah barang yang terdifferensiasi yakni membedakan produk tiap-tiap perusahaan dengan tujuan membuat produk menjadi unik di mata konsumen (Pembeli). Barang yang diproduksi antara lain sama-sama semen tetapi masing-masing memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri. Misalnya, Semen Holcim oleh PT Holcim memiliki keunggulan dibanding Semen Gresik oleh PT Semen Gresik dari segi tekstur semen dimana tekstur Semen Holcim lebih halus daripada Semen Gresik tetapi Harga Semen Gresik lebih murah dibandingkan dengan Semen Holcim.
* Analisis Penjual dan Pembeli
            Terdapat banyak Produsen (Penjual) yang menguasai pasar, dalam hal ini Pasar didominasi oleh PT. Indocement, PT. Holcim, PT. Semen Gresik
* Analisis Kebijakan Harga
            Harga produk yang dijual relative sama dan apabila ada perubahan harga dari suatu perusahaan akan diikuti oleh perusahaan lain, apabila PT Semen Gresik menaikan harga semennya maka akan diikuti oleh produsen semen lainnya. Dalam hal ini PT Semen Gresik merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar.
* Analisis Informasi
            Pihak Produsen (Penjual) Semen mengetahui keinginan ataupun menguasai permintaan pasar sementar a pihak konsumen (Pembeli) juga mengetahui informasi-informasi mengenai harga Semen, kualitas Semen, dll. 
* Analisis Kemudahan Masuk dan Keluar Pasar
            Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan Semen di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar karena butuh Sumber Daya yang besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar